Tutorial Belajar Microsoft Excel rumus sum, average, min, max, countif, counfifs, sumif, sumifs, averageif
Assalammualaikum Wr Wb 😐
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas gimana cara menggunakan rumus excel yang sering digunakan oleh orang yang bekerja di kantor dibidang admin, admin finance dan lainnya atau dipakai untuk tes seleksi kerja microsoft excel
Berdasarkan pengalaman pribadi rumus tersebut adalah rumus yang digunakan sehari2 dalam bekeja ataupun tes seleksi bekerja
Pembahasan rumus apa saja si yang mau dibahas?
- yang pertama adalah rumus SUM -> rumus ini untuk menjumlahkan total seluruh nilai/angka
- yang kedua adalah rumus average -> rumus ini untuk menghitung rata2
- yang ketiga adalah rumus min -> rumus ini untuk mengetahui nilai terendah
- yang keempat adalah rumus max -> rumus ini untuk mengetahui nilai tertinggi
- yang ke lima adalah rumus countif -> rumus ini untuk mengetahui jumlah dengan satu kriteria
- yang ke enam adalah rumus countifs -> rumus ini untuk mengetahui jumlah dengan lebih dari satu kriteria bisa dua atau tiga kriteria
- yang ke tujuh adalah rumus sumif-> rumus ini untuk menjumlahkan total seluruh nilai/angka dengan satu kriteria
- yang ke delapan adalah rumus sumifs-> rumus ini untuk menjumlahkan total seluruh nilai/angka dengan lebih dari satu kriteria bisa dua atau tiga kriteria
- yang ke sembilan adalah rumus averageif-> rumus ini untuk menghitung rata2 dengan satu kriteria
Hasil dari materi ini diharapkan teman2 dapat menguasai rumus tersebut dan dapat memudahkan melakukan pekerjaan atau yang sedang tes seleksi bekerja
pada pembahasan ini disertakan contoh soal dari pengalaman saya ketika tes seleksi kerja microsoft excel dan file
Pembahsan soal akan dibahas di artikel selanjutnya
demikian selamat belajar
Salam