Tutorial rumus excel vlookup beda sheet

Tutorial rumus excel vlookup beda sheet

Pada kesempatan ini saya akan membahas macam mana cara menggunakan rumus excel vlookup beda sheet dengan mudah dipahami kemudian ada disertakan contoh gambar.

Penjelasan Singkat tentang Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan Excel, kamu dapat membuat, mengedit, dan mengelola lembar kerja yang berisi data angka. Ini sangat berguna untuk analisis data, perencanaan, grafik, dan banyak lagi. Excel memiliki berbagai fungsi dan formula yang memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan dan manipulasi data salah satu nya formula vlookup yang akan kita kupas pada pembahasan ini. Jadi, bisa dibilang Excel adalah alat yg dapat membantu sekali dalam pekerjaan yg melibatkan banyak angka atau pun lainnya.

Penjelasan singkat tentang vlookup

Vlookup, singkatan dari(Vertical Lookup) ini adalah salah satu fungsi yang sangat penting dalam Microsoft Excel. karena Fungsi ini memungkinkan kamu mencari nilai dalam kolom tertentu dari tabel atau rentang data yang begitu besar dan banyak berdasarkan nilai tertentu di kolom lain.

Rumus excel

=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup]).

Penjelasan :

  • lookup_value adalah nilai yang ingin kamu cari.
  • table_array adalah rentang data yang berisi nilai yang ingin kamu cari dan data terkait.
  • col_index_num adalah nomor kolom dalam table_array yang berisi nilai yang ingin kamu kembalikan.
  • range_lookup adalah parameter opsional yang dapat diisi dengan TRUE atau FALSE. 

Vlookup sangat berguna untuk mencari dan mengambil data dari tabel besar, membuatnya lebih mudah untuk analisis dan pengolahan data. untuk menghemat waktu mari kita bahas langsung dibawah ini.

BACA JUGA : Tutorial microsoft excel rumus average

Langkah ke 1 :

  • Siapkan file bahan Master di Sheet 1 seperti tampilan dibawah ini atau download file klik 👉disini.

tutorialrumusexcelvlookup

Langkah ke 2 :

  • Pada di sheet 2 bisa langsung masukan rumus dengan cara =vlookup(kode nasabah, seleksi bahan master, pilih kolom, false).
tutorialrumusexcelvlookup
Gambar 2 tutorial rumus excel vlookup

Langkah ke 3 :

  • Seleksi bahan master dari kode nasabah sampai total peminjaman.

Langkah ke 4 :

  • Kemudian Ketik 2, karena kita ingin menampikan kolom no 2 yaitu usia kemudian pilih false.

Langkah ke 5 :

  • Setelah itu akan muncul data usia , kemudian Drag data sampai bawah untuk menampilkan data seluruhnya.
tutorialrumusexcelvlookup

Langkah ke 6 :

  • Hasil Tampilan Seluruh Data Setelah Drag data sampai bawah.
tutorialrumusexcelvlookup

Itulah cara penggunaan rumus excel vlookup beda sheet. Selanjutnya teman2 bisa lakukan hal yang sama di kolom biaya kredit, tenor kredit, total peminjaman cara nya dengan seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian pembahasankali ini. Semoga Bermanfaat.

BACA JUGA : 
Fungsi Microsoft Word
format file dan extention
rumus excel min max

LihatTutupKomentar